Masukkan keyword yang anda cari di sini

Senin, 05 September 2016

MAKALAH KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM



Makalah ekonomi
KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM
 
DISUSUN OLEH :
     Nama                  :    Afdila Novitasari
     Kelas                   :    X IIS 3
     No.                     :    03


Sma negeri 1 tunjungan blora
Tahun Pelajaran 2016/2017




KATA PENGANTAR

            Segala puji syukur kami limpahkan kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat dan bimbingannya, sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik.
            Bahan makalah ini kami susun dengan memilih dan mempertimbangkan agar terlihat menarik, makalah ini memiliki isi yang mudah untuk dipahami serta diharapkan dapat menggugah naluri kita agar semakin perduli tehadap lingkungan
           
            Segala bentuk kritik dan saran yang membangun akan senantiasa kami terima dengan lapang hati. Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.









 


 

DAFTAR ISI
Halaman Judul ....................................................................................................  i
Kata Pengantar ..................................................................................................  ii
Daftar isi ............................................................................................................ iii
BAB I ................................................................................................................. 1
Pendahuluan ....................................................................................................... 1
A.    Latar Belakang........................................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah .................................................................................. 2
C.     Tujuan ..................................................................................................... 2
BAB II ............................................................................................................... 3
Pembahasan ........................................................................................................ 3
A.    Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Alam........................................... 3
B.     Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam....................... 3-4
C.     Dampak Kelangkaan SDA terhadap Perekonomian .............................. 5
D.    Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam ............................... 5-7
BAB III .............................................................................................................. 8
Penutup .............................................................................................................. 8
Daftar Pustaka .................................................................................................... 9





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Sumber Daya Alam merupakan sumber yang esensial bagi kelangsungan
hidup manusia. Dimana semua kebutuhan manusia sangat bergantung pada persediaan alam. Bila terjadi kelangkaan sumber daya alam maka akan sangat berdampak besar terhadap kelangsungan umat manusia di muka bumi.
Begitu juga dalam perekonomian, kelangkaan sumber daya alam juga  berpengaruh  terhadap perekonomian. Pada dasarnya prinsip umum dalam ekonomi adalah bagaimana memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas. Dalam ekonomi kelangkaan sumber daya alam itu adlah salah satu faktor utama dalam kajian ekonomi yang berwawasan lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan sumber daya alam yang arif dan bijaksana, agar ketersediaannya tetap ada atau tetap lestari untuk memenuhi kebutuhan manusia sekarang maupun generasi manusia yang akan datang.
Dalam masalah kelangkaan tersebut, manusia dituntut untuk mencari cara agar selalu kebutuhannya terpenuhi tetapi tidak merusak alam bahkan dituntut untuk menjaga kelestariannya. Didalam makalah ini terdapat uapaya yang dapat diterapkan oleh pembaca untuk dapat mengambil manfaatnya untuk  memenuhi kebutuhan manusia tetapi tidak sampai merusaknya.



B.    RUMUSAN  MASALAH
  1. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya alam?
  2. Apa penyebab  terjadinya kelangkaan sumber daya alam ?
  3.  Dampak apa sajakah yang akan terjadi terhadap perekonomian bila kelangkaan terjadi ?
  4. Solusi apa yang dapat mengatasi kelangkaan sumber daya alam ?
C.     Tujuan
  1. Memberikan penertian apa yang dimaksud dengan kelangkaan sumber daya alam.
  2. Untuk menambah wawasantentang dampak terhadap perekonomian bila kelangkaan sumber daya alam terjadi.
  3. Memberi solusi apa yang bisa diterapkan,bila terjadi kelangkaan.










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Alam.
Kelangkaan adalah kondisi diamana kita tak mempunyai cukup sumber untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Dengan kata lain, jumlah kebutuhan lebih banyak daripada jumlah barang dan jasa yang tersedia.
Kelangkaan mengandung dua pengertian:
  • Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Sebagai contoh : air yang sangat  dibutuhkan oleh manusia jika air itu mengalami kelangkaan akan mengakibatkan kesengsaraan bagi manusia.
  • Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain. Sebagi  contoh : ada orang yang ingin membeli mobil mewah tetapi disisi lain dia sangat ingin memiliki mobil ferrari yang diproduksi hanya terbatas(langka). Maka dia mengorbankan kesempatan untuk membeli mobil mewah itu dengan membeli mobil  ferrari yang langka  untuk mendapatkannya.
B.  Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam.
                Ada beberapa penyebab terjadinya  kelangkaan sumber daya alam diantarnya sebagai berikut.
  • Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat.
Jumlah penduduk adalah salah satu faktor terjadinya penyebeb kelangkaan, karena jika pertumbuhan penduduk meningkat maka jumlah kebutuhan juga pasti akan meningkat. Sedangkan seperti yang telah dijelaskan di  atas,  dimana jumlah alat pemuas kebutuhan hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
  • Sifat kesarakahan manusia.
Seperti dikatakan oleh pemimpin India Mahatma Ghandi, “Sumber daya alam yang ada cukup untuk kebutuhan setiap orang, tetapi tidak cukup untuk kerakusan setiap orang.”
Itulah mengapa manusia dapat dibilang tak ada puasnya dalam memenuhi setiap keinginannya. Karena sifat  keserakahan ini menyebabkan terjadinya adanya eksploitasi besar-besaran dimana untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
  • Keterbasan kemampuan produksi.
Produksi adalah kegiatan mengkombinasikan faktor produksi untuk menciptakan atau menambah nilai guna barang. Dalam hal ini, perkembangan  teknologi mnjadi faktor yang mempengaruhi faktor produksi. Perkembangan teknologi di negara maju berlangsung cepat, semntara perkembangan teknologi di negara berkembang lebih lambat daripada perkembangan kebutuhan barang dan jasa.
  • Bencana alam.
Bencana alam merupakan faktor alam yang berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan hidup. Kerusakan yang ditimbulakn bencana alam berpengaruh terhadapkelangsungan hidup manusia. Sebagai contoh : bencana banjir yang mengganggu distribusi barang dan jasa, akibatnya masyarakat tidak segera mengkonsumsi barang dan jasa.
  • Letak geografis yang berbeda.
Persebaran sumber daya penjuru dunia dunia tidak merata. Ada yang daerah tanahnya subur dan ada yang yang akan tambang. Namun sebaliknya ada daerahnya tandus  dan kekurangan air.perbedaan ini menyebabkan kelangkaan.

C.   Dampak Kelangkaan Sumber Daya Alam Terhadap Perekonomian.
                Terjadinya kelangkaan sumber daya alam mempunyai dmapak terhadap perekonomian. Di bawah ini beberapa dampak terhadap perekonomian.
  •  Tingkat produksi yang menurun.
Di dalam sistem produksi alam sebagai input produksi. Semakin besar sumberdaya alam maka akan berpengaruh pula pada cadangan / bahan mentah yang akan diproduksi. Sebaliknya, jika sumber daya alam semakin berkurang/langka maka hasil produksi juga semakin sedikit.
  • Menurunnya pendapatan masyarakat.
Hal ini juga terkait pada tingkat produksi di atas. Jika dalam perusahaan mengalami tingkat produksi turun, secara otomatis tenaga kerja yang dibutuhkan juga sedikit, sehingga akan terjadi pemberhentian tenaga keja(PHK). Hal ini mengakibatkan terjadinya pengangguran atau turunnya pendapatan masyarakat.
  • Naiknya harga- harga .
Sumber daya alam yang langka mempengaruhi tingkat produksi, sehingga jika sumber daya alam tersedia sedikit, maka tersedianya barang yang diproduksi juga sedikit. Hal ini menimbulkan pada harga barang yang diproduksi tersebut. Kenaikan harga karena yang diproduksi hanya sedikit. Atau dengan kata lain permintaan lebih besar dari pada penawaran.
D.    Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam.
  • Eksplorasi dan Penemuan
Cara eksplorasi ini dilakukan untukuntuk memeperoleh sumbr daya yang baru yang belum diketahui dan atau yangpernh digali sebelumnya. Penemuan sumber daya baru memungkinkan ketersediaan sumber daya yang relatif tersebut meningkat. Namun demikian , pada dasrnya terjadi pula proses berkurangnya stok atau deposit yang tersedia di alam. Dalm cara  ini bukanlah cara yang terbaik untuk mengatasi kelangkaan sumber daya alam karena  hanya bersifat jangka pendek atu hanya untuk pada habisnya sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.
  • Kemajuan teknologi.
Kemajuan teknologi memungkinkan untuk bisa mengurangi biaya ekstraksi sumber daya denganmenemukan cara-cara baru yang lebih efien dalam mengekstrak,mengolah, memproses, dan menggunakan sumber daya.dengan sendirinya tingkat dan jenis atau tipe teknologi yang dikembangkan disesuaikan dengan tingkat kelangkaan daya dengan kemungkinan menekan biaya eksplorasi.
  • Penggunaan substitusi.
Dalam hal ini sumber daya yang berlimpah dimanfaatkun untuk substitusi sumber daya yang langka.semakinmudah proses substitusisumber daya yang diperbaharuiatau sumber daya yang tidak dapatdiperbaharuiyang melimpah, maka semakin kecil dampaknya terhadap proses terjadinya kelangkaan atau berkurangnya ketersediaan sumber dayaserta kenaikan biaya. Missal penggunaan bioenergi sbagai substitusi dari BBM.
  •  Pemanfaatan kembali dan daur ulang.
Penfaatan kembali adlah penggunaan kembali barang-barang yang tidak dipakai lagi oleh produsen atau konsumen tertentu, tetapi karena masih layak dan berfungsi, masih bisa diguanakan lagi oleh konsumen lainya.  Contoh sebuah computer yang sudah tidak layak pakai bagi perusahaan tersebut, namun karena masih bisa di pakai bagi konsumen lain misalkan saja warnet, maka perusahan dpat menjulanya kembali kepada pemilik warnet itu.
Daur ulang adalah perubahan dan proses kembali dari bahan limbah atau residu dari sector produksi dan konsumsi dari suatu system ekonomi ke dalam barang-barang sekunder. Lalu produk ini masuk ke proses produksi sebagai input dalam pabrik untuk barang perentara atau barang akhir. Contohnya adlah tas yang terbuat dari plastic yang sudah di buang atau sudah tidak dipakai lagi.










 

 



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kelangkaan sumber daya alam adalah masalah kita manusia sebagai manusia. Perlu adanya kebijakan yang arif dari semua masyarakat dan pemerintah dalam mengolah sumber daya alam yang dimiliki agar kelestariannya tetap terjaga dan anak cucu kita dapat merasakannya juga di hari kelak.
Banyak yang tidak yang belum sadar akan kelanjutan kesimbangan alam. Sehingga melakukan hal-hal yang buruk dengan merusak keseimbangannya hanya demi keuntungan yang ingin diperolehnya. Hal ini perlu di luruskan dalam kesadaran masing-masing manusia betapa pentingnya menjaga lingkungan.
“ketika kita menebang pohon yang terkhir, mencemari sungai yang tersisa, dan memasak ikan yang terakhir, barulah kita sadar bahwa  kita tidak bisa  makan uang”








DAFTAR PUSTAKA

hesperian.org/wp-content/uploads/pdf/id_cgeh…/id_cgeh_2010_03.pdf(melindungi sumber daya alam untuk semua orang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar