Masukkan keyword yang anda cari di sini

Kamis, 29 September 2016

CAGAR ALAM DI INDONESIA




CAGAR ALAM DI INDONESIA
Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat lengkap. Hingga tahun 2008, Indonesia setidaknya telah memiliki cagar alam sebanyak 237 lokasi, dengan luas wilayah mencapai 4.730.704,04 hektar. Berikut ini sebagian Cagar Alam di Indonesia Beserta Flora dan Fauna yang Dilindungi di dalamnya :
1. Cagar alam Gunung Leuser di Nangroe Aceh Darussalam
Jenis flora yang dilindungi di lokasi ini adalah daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altifrons), bunga (Rafflesia atjehensis dan R. micropylora), serta Rhizanthes zippelnii. Sedangkan jenis fauna yang dilindungi meliputi mawas atau orang utan (Pongo abelii), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), kambing hutan (Capricornis sumatraensis), rangkong (Buceros bicornis), rusa sambar (Cervus unicolor), dan kucing hutan (Prionailurus bengalensis sumatrana).
2. Cagar alam Batang Gadis di Sumatera Utara
Jenis flora yang dilindungi adalah bunga Padma (Rafflesia sp). Untuk jenis fauna yang dilindungi meliputi harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae),  kambing  hutan (Naemorhedus sumatrensis), tapir (Tapirus indicus), kucing hutan (Catopuma temminckii), kancil (Tragulus javanicus), binturong (Arctitis binturong) beruang madu (Helarctos malayanus), rusa (Cervus unicolor) dan kijang (Muntiacus muntjac)dan landak (Hystix brachyura), amfibi tak berkaki (Ichtyopis glutinosa),  katak bertanduk tiga (Megophyris nasuta).
3. Cagar alam Siberut di Sumatera Barat
Jenis fauna yang dilindungi di cagar alam ini meliputi bokkoi (Macaca pagensis), lutung mentawai/joja (Presbytis potenziani siberu), bilou (Hylobates klossii), dan simakobu (Nasalis concolor siberu).
4. Cagar alam Kerinci Sebrat di Jambi
Jenis flora yang dilindungi di cagar alam ini meliputi pinus kerinci (Pinus merkusii strain Kerinci), kayu pacat (Harpulia alborea), bunga raflesia (Rafflesia arnoldi dan R. hasseltii), dan bunga bangkai (Amorphophallus titanum dan A. decus-silvae). Sedangkan jenis fauna yang dilindungi di antaranya burung rangkong (Buceros rhinoceros sumatranus), julang (Aceros undulatus undulates), burung gading (Rhinoplax vigil), kucing emas (Catopuma temminckii temminckii).
5. Cagar alam Bukit Tiga Puluh di Riau 
Jenis flora yang dilindungi meliputi jelutung (Dyera costulata), getah merah (Palaquium spp.), pulai (Alstonia scholaris), kempas (Koompassia excelsa), rumbai (Shorea spp.), cendawan muka rimau/raflesia (Rafflesia hasseltii), jernang atau palem darah naga (Daemonorops draco), dan berbagai jenis rotan. Untuk jenis fauna yang dilindungi di antaranya harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), ungko (Hylobates agilis), beruang madu (Helarctos malayanus malayanus), sempidan biru (Lophura ignita), kuau (Argusianus argus argus).

 

HUTAN LINDUNG YANG ADA DI INDONESIA

1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain berada di wilayah Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur. Luas Hutan ini sekitar 9.782,80 Ha. Hutan Lindung Sungai Wain merupakan rumah bagi habitat alam seperti orang utan, bekantan, tumbuhan endemik, dan tanaman seperti kantong semar.
Hutan Lindung Sunga Wain oleh pemerintah Propinsi Kalimantan Timur juga dijadikan sebagai obyek wisata alam, sehingga masyarakat yang ingin mengunjunginya dibuka secara umum. Disini masyarakat yang berkunjung dilarang merusak habitat alami yang sudah ada. Hal ini dimaksudkan agar kawasan Hutan Lindung Sungai Wain tetap terjaga kelestariannya.
Letak detail Hutan Lindung Sungai Wain : Jalan Raya Soekarno – Hatta, Kelurahan Karang Joang, Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur

2. Hutan Lindung Wehea

Hutan Lindung Wehea berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur, propinsi Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan sangatlah kaya akan wilayah hutan, karena pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia, wilayahnya sangat luas sekali.
Luas wilayah kawasan Hutan Lindung Wehea adalah 38.000 Ha. Di hutan ini masih bisa didapati suku lokal Kalimantan yaitu Suku Dayak yang notabene masih menggantungkan kehidupannya pada sumber daya hutan. Hutan Lindung Wehea mampu menyokong 3 daerah aliran sungai sekaligus, yakni daerah aliran sungai Seleq, Melinyiu, dan Sekung.
Hutan Lindung Wehea ini pernah mendapatkan penghargaan berupa penghargaan Kalpataru dari pemerintah Republik Indonesia, karena pada tahun 2009 telah diadakan upaya pelestarian yang luar biasa terhadap hutan lindung ini, sehingga keberadaannya termasuk kategori yang terbaik pada saat itu.
Letak detail Hutan Lindung Wehea : Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Propinsi Kalimantan Timur

3. Hutan Alas Kethu

Hutan Alas Kethu merupakan kawasan hutan lindung yang berada di wilayah Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Hutan ini didominasi oleh aneka pepohonan yakni pohon jati, pohon mahoni, pohon kayu putih, dan pohon akasia.
Luas kawasan hutan ini 40 Ha, meski luasnya tidak sebesar hutan di pulau Kalimantan, hutan ini merupakan paru – paru kehidupan yang sangat vital di Kabupaten Wonogiri. Hutan ini terletak di tengah – tengah daerah Kabupaten Wonogiri.
Hutan Alas Kethu oleh pemerintah Kabupaten Wonogiri dijadikan sebagai daerah resapan air, dimana kelestariannya sangat berguna bagi kelangsungan kehidupan masyarakat disana. Keberadaan Hutan Alas Kethu ini mampu membuat udara di kota Wonogiri menjadi terasa lebih sejuk, hijau, dan nyaman.
Letak detail Hutan Alas Kethu : Timur Terminal Kota Wonogiri, Jawa Tengah.

4. Hutan Taman Raya Bung Hatta

Hutan ini berada di wilayah kota Padang, Propinsi Sumatera Barat. Luas hutan lindung yang satu ini sekitar 70.000 Ha. Hutan ini didominasi oleh lereng pegunungan dan perbukitan, dimana wilayah hutan ini juga memiliki curah hujan yang tinggi.
Di kawasan Hutan Taman Raya Bung Hatta dihuni oleh 352 jenis flora dan 170 jenis fauna, dimana keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan oleh kita secara bersama – sama. Yang menarik dari kawasan hutan ini adalah keberadaan tanaman bunga raksasa yaitu Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga terbesar di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar