Masukkan keyword yang anda cari di sini

Kamis, 29 September 2016

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA KOMUNIKASI



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA KOMUNIKASI


1.      OHP
Kelemahan dan Kelebihan OHP
 Kelebihan penggunaan OHP
Overhead proyektor merupakan salah satu media yang sangat mudah diperoleh oleh setiap orang. Hanya dengan menekan tombol on atau off lalu menyesuaikan lensa agar proyeksinya terfokus pada layar maka OHP telah siap digunakan.
OHP memiliki beberapa keuntungan utama yang tidak dimiliki oleh media instruksional lain, diantaranya : 

1.  Mudah dioperasikan.
2.  Memudahkan posisi mengajar
3. Tidak perlu mengubah cahaya lampu
4.  Hemat waktu
5.  Dapat digunakan kembali
6.  Mudah disimpan
7.  Kemampuan memproyeksikan benda nyata
8.  Kemampuan menggantikan papan tulis
9.  Bebas polusi
10.Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang.
11. Dapat menjangkau kelompok yang besar.
         
   Kelemahan penggunaan OHP
           Kelemahan OHP diantaranya tidak bisa dipakai, dalam kondisi atau keadaan     tertentu, misalnya saja OHP memerlukan tenaga listrik untuk menyalakan dan tergantung pada plastik bening yang digunakan untuk transparansi. OHP juga menuntut perhatian khusus untuk menghindari kerusakan pada saat medium digunakan.
              Kelemahan lainnya adalah bahwa OHP tidak memproyeksikan tulisan atau gambar langsung dari buku, majalah, dsb. Sebelum diproyeksikan bahan- bahan tersebut harus diproduksi diatas sebuah transparansi. Disamping itu transparansi hanya dapat menampilkan gerakan-gerakan yang sangat terbatas
2.      TELEPON

kelebihan :
1.)mempermudah akses untuk telekomunikasi ketika kita berada dimanapun
2.)mempermudah untuk masalah sekolah seperti mencari tugas
3.)media untuk videocall ataupun videochat.
kekurangan :
1.)radiasi sinyal yang di akibatkan oleh telepon genggam akan mengganggu kesehatan bagi penggunanya.
2.)membuat anak2 malas.

3.      FAXIMILE
Keunggulan :
Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos
Kekurangan :
Mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.
 
4.      TELEVISI
Kelebihan Media Televisi :
– Jangakauan sangat luas
– Penayangan seketika
– Gabungan gambar, suara dan warna
– Efek demonstrasi
– Penentuan waktu pentayangan mudah
– Kontrol Mudah
Kekurangan Media Televisi :
– Cepat lewat, frekuensi tinggi
– Relatif mahal
– Tidak ada segmentasi pirsawan
– Keterangan dan pesan harus pendek
– Produksi materi lama dan mahal
5.      TELEX
Teleks yaitu aplikasi mengirim dan atau menerima pesan secara aman dan handal menggunakan infrastruktur aplikasi I-Xchange. I-Teleks diposisikan sebagai pengembangan (enhancement) layanan Teleks dengan target market korporasi. I-Teleks dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan meluncurkan fasilitas teleks berbasis Internet I-Teleks pada akhir Maret 2003 untuk menggantikan teknologi lama yang menggunakan sistem analog.[15] POP Jaringan Teleks dengan Jaringan I-Xchange untuk layanan I-Teleks terletak pada Gateway I-Teleks.
I-Teleks berfungsi untuk pertukaran dokumen/pesan menggunakan teknologi TCP/IP sebagai pengganti layanan Teleks. Pengiriman pesan menggunakan I-Teleks lebih aman dibanding dengan Teleks karena dilengkapi dengan sistem pengamanan password untuk beberapa hal yaitu pertama, akses ke komputer / terminal I-Teleks, untuk penandatanganan secara digital (digital signature) setiap akan masuk pertama kali ke aplikasi dan setiap akan mengirim pesan, pembukaan penyandian (decrypt) pesan yang diterima, akses ke dial up akses internet (VPN Dial). Kedua, otentikasi pengirim pesan dijamin oleh lembaga / badan penyedia layanan CA (Certificate Authority) dengan menggunakan tanda tangan digital (digital signature). Ketiga, pesan terkirim dalam kondisi/keadaan tersandi sehingga tidak dapat dimengerti oleh pihak yang tidak berwenang tanpa menggunakan pasangan kunci penyandian (private key) milik penerima pesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar