Masukkan keyword yang anda cari di sini

Kamis, 25 Agustus 2016

Wonogiri Dapat 1.000 Tungku Hemat Energi

25 Agustus 2016 4:11 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-

HEMAT ENERGI: Petugas Dinas PESDM Kabupaten Wonogiri memamerkan salah satu contoh tungku sehat hemat energi bantuan pemerintah pusat, Rabu (24/8). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI, suaramerdeka.com – Kabupaten Wonogiri memperoleh bantuan berupa 1.000 unit tungku sehat hemat energi dari pemerintah pusat. Tungku yang diyakini jauh lebih hemat dari pada menggunakan kompor gas itu dibagikan kepada sejumlah keluarga di empat kecamatan.
Kepala Dinas Pengarian Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Kabupaten Wonogiri, Arso Utoro melalui Kabid Geologi Air Tanah dan Energi, Patrem Joko Priyono mengungkapkan, bantuan tersebut dibagikan ke 31 desa di empat kecamatan.
Antara lain Desa Pucanganom, Bayemharjo, Giritontro, Jatirejo, dan Tlogosari (Kecamatan Giritontro); Desa Pagutan (Kecamatan Manyaran); Desa Genukharjo, Gumiwang Lor, Mlopoharjo, Pulutan Kulon, Pulutan Wetan, dan Sumberejo (Kecamatan Wuryantoro); serta Banaran, Gambirmanis, Gebangharjo, Glinggang, Jimbar, Joho, Lebak, Petirsari, Pracimantoro, Sambiroto, Sedayu, Suci, Sumberagung, Trukan, Tubokarto, Watangrejo, Wonodadi, dan Gedong (Kecamatan Pracimantoro).
Tungku tersebut bisa menggunakan bahan bakar berupa ranting-ranting, kayu, arang, sekam, bahkan dedaunan dan limbah kebun. “Ranting-ranting dipotongi dengan panjang maksimal 20 sentimeter kemudian disusun secara vertikal di dalam tungku. Cara menyalakannya bisa dengan kertas, tisu, atau kapas yang dicelupkan dalam minyak jelantah,” terangnya.
Tungku itu bisa menyala selama 2-3 jam sampai bahan bakar di dalamnya habis. Karenanya, tungku tersebut jauh lebih hemat dibandingkan dengan kompor gas. “Tidak perlu membeli gas karena ranting dan kayu mudah diperoleh di kebun,” ujarnya.
Menurutnya, tungku itu lebih sehat dan ramah lingkungan. Abu sisa dari pembakarannya bisa digunakan sebagai pupuk atau media tanam.
Di sisi lain, Wonogiri juga menerima 30 paket biogas bantuan dari pemerintah pusat. Seluruhnya didistribusikan ke Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko. Biogas itu memanfaatkan kotoran sapi untuk menjadi bahan-bakar kompor dan menyalakan lampu petromaks.
(Khalid Yogi/CN39/SM Network)
HEMAT ENERGI: Petugas Dinas PESDM Kabupaten Wonogiri memamerkan salah satu contoh tungku sehat hemat energi bantuan pemerintah pusat, Kamis (24/8). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar