Masukkan keyword yang anda cari di sini

Selasa, 05 Juli 2016

Baznas Subang Target Kumpulkan Zakat Fitrah Rp30 Miliar

Baznas Subang Target Kumpulkan Zakat Fitrah Rp30 Miliar
(ilustrasi.Sindonews)
A+ A-
SUBANG - Ramadhan 2016 ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang, menargetkan mampu mengumpulkan zakat fitrah senilai Rp30 miliar, dari para muzakki (pemberi zakat).

"Saat ini, pengumpulan zakat masih terus berlangsung, dan belum direkapitulasi. Tapi kami targetkan bisa mengumpulkan hingga Rp30 miliar,"ujar Kepala Baznas Subang, Anang Jauharudin.

Zakat yang terkumpul sebanyak itu, kata dia, ada yang langsung disalurkan kepada masing-masing mustahik jika zakatnya dilakukan perorangan, dan ada juga yang disalurkan kepada mustahik yang dikoordinir oleh lembaga, seperti pesantren atau yayasan yatim piatu.

"Hasil zakat itu, ada juga yang kami salurkan berupa santunan kepada pasien-pasien tak mampu di rumah sakit, dan mereka yang berhak lainnya," paparnya.

Untuk memperluas pelayanan dan manfaat dana zakat yang terkumpul, serta meningkatkan sosialisasi zakat kepada para muzakki, pihaknya melakukan sejumlah langkah terobosan yang kreatif. Di antaranya, membuka posko mudik di jalur pantura, yang dilengkapi fasilitas pelayanan.

"Di posko ini, pemudik yang beristirahat bisa mendapatkan beberapa pelayanan, seperti cek darah, pijat refleksi, dan informasi penting lainnya. Dengan terobosan ini, diharapkan minat warga untuk berzakat makin bertambah," kata Anang.

Menurutnya, animo masyarakat untuk berzakat, khususnya zakat mal (harta) dan zakat profesi, perlu terus ditingkatkan.

Karena potensinya sangat besar, dan jika disalurkan dengan tepat, akan berdampak meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat.

Dia menyebut, berdasarkan hitungan Baznas Pusat, potensi zakat mal dan profesi yang bisa dikumpulkan dari warga Jawa Barat, dapat mencapai sebesar Rp17 triliun. Dimana, sekitar Rp500-600 miliarnya bisa dikumpulkan dari warga Kabupaten Subang.

"Tentu saja, nilai zakat segitu sangat besar, dan kami yakin mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat kecil, jika dikelola dan disalurkan dengan tepat," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar